Wednesday 25 January 2017

Lakukan 8 Langkah Ini Untuk Mencegah Penyakit Jantung





Setiap harinya, tubuh manusia memerlukan darah sebanyak 7.056 liter yang dipompa oleh jantung secara terus-menerus. Rata-rata dalam semenit, jantung manusia memompa darah 70 kali per menit dan sebanyak 70 ml darah tiap kali denyut. Jantung memiliki tugas yang berat, tidak hanya memompa darah ke seluruh tubuh.
Secara rutin, jantung mengangkut sisa-sisa metabolisme dari tubuh dan seluruh jaringan tubuh menuju organ tubuh yang bertugas mengeluarkan sampah-sampah tersebut dari tubuh.

Selain sampah, tentunya darah juga mengandung zat-zat yang berguna, seperti oksigen, protein, zat gula (glukosa), ion-ion mineral, sel-sel darah, serta hormon-hormon. Jika jantung tidak dirawat dengan baik, maka keseimbangan metabolisme dalam tubuh akan terganggu. Dan yang lebih parah lagi, zat- zat sisa yang seharusnya dikeluarkan tubuh tidak mampu dipompa oleh jantung. Pembuluh darah ke jantung akan tersumbat oleh lemak dan sisa-sisa metabolisme, inilah yang menjadi penyebab penyakit jantung.

Penyakit jantung adalah penyebab kematian tertinggi di dunia, sering terjadi pada orang yang lebih tua. Penyakit ini disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat dan komplikasi dari beberapa penyakit tertentu, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi serta merokok. Pria jauh lebih sering terkena penyakit ini dibandingkan wanita.  

Begitu besar peran organ jantung pada tubuh manusia sehingga harus dirawat dengan baik agar kinerjanya tidak terganggu. Sedikit saja masalah terjadi pada jantung, akan berakibat fatal pada kesehatan orang. Agar kita dapat terhindar dari penyakit jantung, lakukan beberapa langkah sederhana berikut ini.

Langkah-Langkah Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

1.    Berjalan Kaki
 
Gambar : kingofwallpapers.com
    Meskipun mudah, ternyata aktivitas berjalan kaki dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Usahakan untuk berjalan kaki pada pagi hari selama 30 menit. Selama aktivitas berjalan kaki, sirkulasi di dalam tubuh akan lancar serta akan membantu mengurangi berat badan. Jogging juga dapat membantu asal dilakukan secara rutin di awal pagi. Jika sibuk dan tidak memiliki waktu, Anda dapat melakukannya setiap beberapa kali seminggu. Jadikanlah aktivitas jalan kaki sebagai kebiasaan untuk meraih hidup yang lebih sehat.

2.    Banyak Beraktivitas
        
sciencedaily.com
 Perbanyaklah aktivitas fisik sehari-hari agar dapat meraih hidup yang sehat. Jangan duduk terlalu lama dan rajinlah untuk bergerak dari kursi Anda. Menurut penelitian, orang-orang yang menghabiskan lebih dari 2.000 kalori lewat aktivitas selama satu minggu, sama dengan melakukan jogging sejauh lebih dari 32 km. Tentu hal ini sangat berguna untuk Anda menurunkan berat badan yang terlanjur overweight. Hilangkan rasa malas Anda dengan menyibukkan diri dengan aktivitas fisik sehari-hari.

3.    Berhenti Merokok
 
drantoniohowell.com
Seperti yang kita ketahui rokok tidak memberi manfaat sama sekali, malah memperburuk kualitas hidup seseorang. Rokok dapat menimbulkan penyakit jantung dan penyakit berat lainnya karena akan menyumbat arteri serta paru-paru. Zat nikotin yang ada pada rokok bila dikonsumsi terus-menerus akan menjadi racun yang mematikan bagi tubuh. Kebiasaan merokok harus benar-benar dihentikan jangan hanya dikurangi saja. Untuk yang merasa ingin mencoba rokok, jangan pernah sekali pun memulainya karena kesehatan itu lebih penting dari apapun. Jika Anda sadar untuk berhenti merokok, bukan hanya diri sendiri saja yang bebas dari penyakit, tetapi kesehatan orang-orang di sekeliling Anda juga akan terjaga.

4.    Istirahat yang Cukup
 
www.buzzle.com
Memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting bagi kesehatan. Orang-orang yang mengalami kurang tidur memiliki resiko dua kali lipat terkena serangan jantung. Jangan terlalu sering tidur larut malam dan tidurlah lebih awal. Tidur malam yang cukup adalah minimal delapan jam sehari. Hal ini sangat membantu seseorang mempertahankan berat badan ideal dan kesehatan tubuh.  

 5.    Hindari Makanan Cepat Saji
       
millionaire-manners.com
Meskipun rasanya lezat, tetapi makanan cepat saji tidak baik tubuh. Kandungan lemak di dalam makanan tersebut jika dikonsumsi terus-menerus, maka akan menyebabkan obesitas. Aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh akan tersumbat karena penyakit tersebut. Sebisa mungkin, hindarilah makanan cepat saji, perbanyaklah konsumsi buah dan sayur setiap hari. Usahakan memasak makanan sehat sendiri di rumah, jangan bergantung dengan makanan cepat saji di luar.

6.    Lakukan Cek Kesehatan
 
pinterest.com
       
Aturlah jadwal secara berkala untuk memeriksa tekanan darah dan tingkat kolesterol Anda. Jika mampu, Anda juga dapat melakukan sendiri di rumah dengan alat sphymomanometer yang dapat dibeli dengan harga terjangkau. Bila perlu, lakukan tes EKG dengan alat elektro-kardiograf guna mendeteksi kelainan jantung secara dini. Jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit.

 7.    Mandi Sebelum Waktu Subuh
        
tuliat.com
      Sangat dianjurkan untuk mandi menjelang subuh karena merupakan waktu mandi yang bermanfaat bagi kesehatan. Air dingin yang disiramkan ke tubuh pada waktu tersebut, dapat membantu melancarkan aliran darah serta oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini tentu saja dapat mempermudah kerja jantung. Mandi sebelum subuh tidak hanya diperuntukkan bagi yang muslim, yang beragama lain juga dapat melakukan kebiasaan sehat tersebut.
      
8.    Berolahraga Kardio
 
www.fitnessformen.co.id
     Latihan kardio dapat menjadi pilihan aktivitas Anda untuk memperkuat kerja jantung, paru-paru serta melancarkan aliran darah di dalam tubuh karena dapat membakar kolesterol darah. Olahraga ringan seperti latihan aerobik, berenang, bersepeda adalah latihan yang cocok untuk memperkuat otot jantung. Tidak perlu memaksakan olahraga yang berat, gerakan yang sederhana pun dapat dilakukan. Lakukan latihan ringan yang Anda sukai dan terapkanlah gaya hidup yang sehat.

Demikianlah 8 macam upaya yang dapat Anda lakukan agar terhindar dari penyakit jantung. Semoga langkah-langkah tersebut dapat Anda lakukan sendiri dan bermanfaat bagi Anda.


Sumber bacaan :
Susanto, dr. Dwi Budhi. 2013. 256 Resep Jus Buah & Sayuran Jus Dahsyat: Tumpas Penyakit Sehat & Awet Muda. Yogyakarta: Cemerlang Publishing.
tuliat.com 


0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © . Borneo '92 - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger