Tuesday 7 March 2017

Inilah 7 Macam Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan Tubuh Kita



en.wikipedia.org


Siapa yang tidak suka dengan cokelat? Jenis makanan yang satu ini digemari oleh hampir semua kalangan usia. Penggemar coklat di dominasi anak-anak, remaja, kalangan anak muda, dan sisanya adalah orang dewasa.
Tetapi, jika dilihat lagi, cokelat justru menjadi favorit bagi kaum hawa penyuka kudapan manis. Dengan rasanya yang manis dan lezat, sulit sekali untuk menolak godaan dari yang namanya coklat. 

Coklat hadir dalam berbagai bentuk, mulai dari hidangan seperti kudapan, dessert (makanan penutup), makanan pendamping hingga minuman. Tentu Anda sudah tidak asing dengan keik, puding cokelat, brownies,  cokelat chips, minuman cokelat panas dan berbagai bentuk olahan dari cokelat. Bahkan sekarang pun cokelat ikut andil dalam perawatan kulit serta produk kecantikan.

Asal-Usul Cokelat

Walaupun hampir di seluruh Indonesia ada banyak tanaman cokelat atau kakao, ternyata tanaman kakao berasal dari luar negeri. Cokelat ditanam pertama kali oleh penduduk Olmec yang tinggal di daerah teluk Meksiko (1750 SM). Sekitar tahun 400 M, tercatat suku Maya menanam kakao dan mengolah bijinya menjadi minuman berbusa yang rasanya pahit.   

Baru kemudian, pada tahun 1400-an, suku Aztec mengadaptasi cokelat menjadi kebudayaannya. Mereka tidak menanam sendiri, tetapi mengambil biji kakao dari daerah asalnya di dataran tinggi Meksiko. Kerajaan Aztec menerapkan aturan kepada siapapun yang tinggal di wilayah jajahan mereka harus menyerahkan biji kakao sebagai upeti kepada Raja. Kejam sekali, ya?

Di abad ke-16, penjelajah dari Spanyol mendarat di Amerika Tengah dan Selatan. Awalnya mereka tidak tahu seperti apa coklat itu, setelah mereka berhasil menaklukkan kerajaan Aztec barulah mereka tahu. Setelah cukup lama Spanyol berkuasa, barulah kemudian coklat diimpor ke Kerajaan Spanyol. Cokelat kemudian menjadi budaya baru di Eropa, minuman yang awalnya memiliki rasa pahit berubah menjadi minuman coklat yang manis. Vanila paling sering ditambahkan sebagai penyedap, ada juga lada serta bumbu-bumbu lain yang dipakai. Pada saat itu cokelat adalah minuman yang melambangkan kebangsawanan sehingga sangat digemari oleh orang-orang kaya.  

Memasuki tahun 1800 hingga 1900-an awal, dimulailah revolusi industri yang mengolah cokelat secara besar-besaran. Banyak inovasi yang dilakukan untuk menghilangkan rasa pahit dari minuman cokelat agar dapat dinikmati secara luas oleh masyarakat. Mulai dari penambahan garam alkali pada cokelat cair hingga pada tahun 1828, seorang ahli kimia, Coenraad van Houten, membuat mesin pres untuk membuang lemak alami dari coklat cair yang menjadi sumber dari rasa pahitnya. Berkat penemuan ini biaya produksi coklat dapat ditekan sekaligus kualitas dari coklat tetap terjaga.

Pada tahun 1866, menjadi awal berdirinya pabrik coklat terbesar di dunia yaitu, Nestlé, didirikan oleh Henri Nestlé, seorang pengusaha makanan manis asal Swiss. Mereka memproduksi kopi instan, makanan bayi, makanan beku dan produk lain yang banyak menggunakan coklat sebagai bahan utama. Disusul pabrik cokelat Cadbury, didirikan dua tahun setelahnya di Inggris, mereka secara khusus memproduksi coklat kemasan dan olahan coklat lainnya. Hingga sekarang sudah puluhan bahkan lebih pabrik coklat skala besar yang ada di Eropa maupun Amerika.

Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan

Bagi sebagian orang mengkonsumsi cokelat itu hanya akan membuat tubuh menjadi gemuk atau obesitas, hingga dapat menyebabkan diabetes. Jika cokelat dikonsumsi tanpa aturan dan porsinya berlebihan, memang benar akan menyebabkan penyakit tersebut. Namun, jika diteliti lebih dalam lagi, coklat ternyata memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan tubuh manusia. Jangan pula, karena cokelat banyak manfaat, Anda memakannya secara berlebihan dan tanpa aturan, itu hanya akan berdampak buruk pada kesehatan.

Kali ini, saya ingin menunjukkan kepada anda, apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari memakan cokelat. Agar tidak penasaran, berikut ini ada tujuh macam khasiat dari cokelat bagi kesehatan tubuh anda. Check this out!

1.    Menghaluskan Kulit Wanita
 
goodspaguide.co.uk
Pada jaman sekarang, di tempat-tempat perawatan kecantikan, lulur cokelat sudah tidak asing lagi digunakan. Lemak cokelat atau cocoa butter yang terdapat pada cokelat mampu melembutkan dan menghaluskan kulit. Selain itu, kandungan flavonoidnya bermanfaat melindungi kulit dari sinar UV matahari yang dapat mengganggu kondisi kulit wanita.

2.    Mencegah Anda Dari Penuaan
 
www.pinterest.com
      Manfaat yang kedua ini, masih berkaitan dengan manfaat no.1 di atas, karena kulit yang tidak kencang sering dianggap sebagai awal penuaan dini. Cokelat mengandung katekin atau catechin, salah satu zat antioksidan yang berfungsi memperlambat proses penuaan di dalam tubuh. Khasiat lainnya yaitu, menghindarkan kulit dari keriput serta menyediakan nutrisi penting bagi kulit.   

3.    Menghangatkan Suhu Tubuh
 
image.express.co.uk
      Saat menonton Televisi, film atau media lain, pasti sesekali diperlihatkan ketika musim dingin, orang-orang barat selalu meminum segelas cokelat panas. Hal ini memang sudah menjadi kebiasaan bagi mereka. 

     Tidak jauh berbeda dengan kita yang di Indonesia, ketika hujan dan hawa dingin, pasti ada air jahe hangat, meskipun tidak sering. Dengan tekstur kentalnya, panas dapat tersimpan lebih lama sehingga dengan meminum sedikit demi sedikit, tubuh akan menjadi hangat seluruhnya.

4.    Mengembalikan Mood dan Semangat
 
www.cosmopolitan.co.id
Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, pastinya seseorang suatu waktu akan mengalami mood yang buruk ketika, misalnya mengalami tekanan di tempat kerja atau kehilangan semangat untuk beraktivitas. 

Tumbuhan cokelat memiliki senyawa khusus bernama teobromin yang serupa dengan kafein pada kopi tetapi lebih ringan. Senyawa ini memberikan stimulasi yang baik bagi jantung serta dapat menenangkan emosi. Jika perasaan lebih tenang, tentu kita akan mampu berpikir positif hingga semangat kita kembali seperti sedia kala.

5.    Meningkatkan Aktivitas Otak
 
mentalfloss.com
     Seperti komputer, tubuh manusia memiliki pusat pengaturan paling vital yaitu otak.  Organ ini harus dijaga, agar tetap dapat bekerja secara maksimal. Cokelat mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh otak manusia. 

      Jantung juga saling berhubungan dengan otak, jadi secara tidak langsung, aliran darah akan termompa secara maksimal. Oksigen-oksigen yang ada dalam darah pun akan mengalir juga ke otak, menyebabkan aktivitas otak meningkat. Cara berpikir pun akan menjadi lebih baik karena nutrisi otak sudah terpenuhi.

6.    Berperan Sebagai Antioksidan
 
i.ndtvimg.com
      Cokelat hitam sering disebut-sebut memiliki fungsi sebagai antioksidan terhadap polusi yang masuk ke tubuh. Rasa dari cokelat hitam tidak terlalu manis karena gula yang dikandungnya hanya sedikit dibandingkan yang lain. 

      Satu batang dark chocolate mengandung polifenol yaitu zat kimia alami dari tumbuhan. Melalui zat-zat inilah, cokelat hitam memiliki manfaat sebagai antioksidan, dengan mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh lewat polusi udara.

7.    Menurunkan Berat Badan
 
aolcdn.com
Saya sebelumnya masih ragu-ragu, apakah cokelat dapat membantu diet. Tetapi, setelah mencari ke mana-mana, saya menemukan bukti bahwa hal tersebut benar. Menurut penelitian, cokelat mengandung unsur-unsur gizi, yaitu lemak sehat, protein dan serat-serat. 

Berkat kandungan gizi tersebut, terutama serat, memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga nafsu makan kita dapat dikontrol. Hal ini dapat diwujudkan dengan membuat jadwal makan cokelat, selain itu harus juga dibarengi dengan banyak olahraga dan minum air putih.

Cukup sekian penjelasan singkat dari saya, mengenai coklat dan apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari coklat itu sendiri. Semoga dapat menjadi masukan bagi Anda untuk tidak ragu mengkonsumsi coklat. Perhatikan juga berapa banyak asupan coklat Anda, jangan sampai berlebihan. Baca juga artikel tentang manfaat lainnya di blog ini. (berbagai sumber)




0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © . Borneo '92 - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger