Tuesday 30 January 2018

10 Hal Yang Bikin Bule Cinta Indonesia



Dengan segala keindahannya, Indonesia selalu menjadi tujuan wisata para turis atau bule-bule dari mancanegara. Banyak dari mereka jatuh cinta oleh pesona yang ditawarkan negeri ini. Tidak hanya berwisata menikmati masa liburan saja bahkan banyak dari mereka yang tinggal dan bekerja di Indonesia.

Entah apa yang membuat mereka cinta dengan Indonesia melebihi orang-orangnya sendiri. Saking cintanya bahkan mereka rela meninggalkan kehidupan nyamannya untuk memulai hidup di sini. Meskipun banyak dari mereka yang harus merintis mulai dari nol hingga sukses, tetap tak menghalangi mereka. Mereka juga tidak segan untuk berbaur dengan kehidupan masyarakatnya. Karena sudah cinta Indonesia, otomatis mereka juga mengikuti perilaku orang-orang Indonesia yang ada di sekitarnya.

Jika melihat dari fakta di atas sudah seharusnya kita malu sebagai rakyat Indonesia, mereka aja cinta Indonesia masa kita nggak. Seharusnya sih kita harus lebih lagi cinta dengan negeri sendiri, gak perlu sok-sok an dengan gaya kebarat-baratan yang gak sesuai dengan budaya ketimuran kita. Jadi peniru budaya luar boleh-boleh aja, gak dilarang. Jangan sampai kelebihan alias lebay kayak kacang lupa sama kulitnya, hehehe.

Supaya kita lebih cinta dan bangga dengan negara kita, berikut ini ada beberapa macam alasan bule suka sama Indonesia. Check it out!

Orang Indonesia Murah Senyum
 
lowyinstitute.org
Inilah yang jadi alasan utama kenapa bule suka di Indonesia, orang-orang di sini ramah dan murah senyum. Walaupun gak ngerti si bule ngomong apa, tetap aja senyam-senyum sama si bule. Lebih-lebih kalau ada bertamu ke rumah, disambut kayak raja, disuguhi yang enak-enak pula. Apalagi di kampung, kalau ada bule yang mau nginap semua orang pasti kumpul khusus buat nyambut mereka.      

Keramah-tamahan orang Asia Tenggara khususnya Indonesia memang sudah dikenal hingga mancanegara. Budaya positif seperti ini harus terus dilestarikan agar negara kita dipandang baik oleh orang.   

Makanannya Enak dan Gak Biasa
 
Angkringan di Jogja
Lezatnya makanan di Indonesia sudah terkenal hingga se-antero dunia, apalagi rendang dan nasi goreng, wuihh sedaap. Banyak bule yang sengaja datang cuma buat berburu makanan enak khas Indonesia. Dimana-mana bertebaran mulai dari makanan low-budget sampai yang aneh dan gak biasa.  

Makanan seperti nasi Padang dengan berbagai lauknya mulai disukai oleh mereka. Apalagi makanan serba murah seperti di Jogja yang selalu menjadi buruan turis, di Bandung juga terkenal dengan wisata kulinernya. Pokoknya di seluruh Indonesia punya makanan enak yang patut dicoba dan gak perlu kuatir kehabisan stok deh, hehehe. 

Hidup Bebas dan Nyaman

Suasana di Legian, Bali
Di Indonesia siapapun bisa hidup, biarpun sederhana, bebas merdeka tanpa ada peperangan, gak kayak di negara lain di luar sana. Mau ngirup oksigen banyak-banyak bisa, mau nyantai di rumah seharian bisa. Suasana yang aman tentram siapapun pasti mau, apalagi bule.

Mereka pun bebas untuk berwisata kemana saja tanpa harus kuatir dengan keamanan. Dengan kebebasan hidup yang ditawarkan negeri ini banyak bule yang memutuskan untuk bertempat tinggal dan mencari pekerjaan di Indonesia. Indonesia adalah negara yang relatif aman dibandingkan negara lain dan lingkungan yang baik untuk berbisnis.

Saling Menghormati Apapun Agamanya
 
philstar.com
Jaman sekarang, hampir di banyak tempat di negara lain, banyak peperangan antar suku / ras terjadi setiap hari. Beruntung buat kita yang tinggal di Indonesia, biarpun agamanya beda-beda tapi gak ada yang musuhan, tetap bisa hidup sama-sama. 

Meskipun kadang-kadang ada juga sedikit perselisihan tapi mayoritasnya tetap masih menghormati satu sama lain. Bahkan kalau ada hari besar agama tertentu, mereka yang berbeda keyakinan juga ikut membantu menjaga keamanan. Itulah karakter sejati orang Indonesia yang menjunjung tinggi toleransi dan persatuan bangsa.

Beragam Suku & Budaya 
 
indonesiapoint.com
Dari Sabang sampai Merauke, setiap daerah didiami oleh berbagai suku dan mereka punya budaya masing-masing yang kuat. Setiap kebudayaan itu tetap dilestarikan turun-temurun sampai sekarang. Hingga saat ini ada kurang lebih 300 etnis yang tinggal di Indonesia. Bahasa daerah juga lebih banyak lagi, ada sekitar 742 dialek yang digunakan.

Budaya Indonesia seperti seni, arsitektur, pakaian adat, ritual dan sebagainya adalah warisan turun-temurun. Keragaman budaya Indonesia selalu membuat takjub dan menarik minat siapapun termasuk bule. Dengan warisan budaya segitu banyaknya menjadikan kita negeri yang bersatu di antara keberagaman. Sudah sepantasnya kita bangga dan mempertahankan persatuan itu.

Negerinya Subur dan Hijau
 
welove-indonesia.com
Tanah pertanian kita terkenal subur dan kaya, hasil panen pun berlimpah setiap tahunnya. Segala macam tumbuhan tropis sangat cocok dengan lingkungan di Indonesia. Cahaya matahari selalu tersedia sepanjang tahun serta iklimnya cukup baik, meskipun kadang-kadang musim hujan selama 2-3 bulan.

Apalagi tanah-tanah pertanian di daerah gunung berapi seperti di Jawa, apapun yang ditanam pasti subur. Indonesia adalah negara agraris yang sumber daya utamanya berasal dari pertanian. Suasana desa yang subur, penuh tumbuhan hijau dan sawah yang lebat menciptakan pemandangan luar biasa. Siapapun pasti akan tertarik dengan pesonanya.

Alamnya Sangat Indah
 
pinterest.com
Seluruh dunia mengenal Indonesia punya keindahan alam yang luar biasa indahnya, bagaikan surga. Siapa yang tidak kenal dengan Bali yang dijuluki sebagai pulau Dewata. Karena gelarnya itu, Bali selalu menjadi tujuan wisata yang selalu ramai dikunjungi setiap tahun.  

Pantai-pantai serta pulau-pulau dengan pemandangan laut indah serta ombak yang besar, selalu menjadi hal yang dicari oleh bule-bule dari luar. Para peselancar dunia bahkan datang secara khusus cuma buat berburu ombak. Indahnya pemandangan alam di Indonesia adalah anugerah luar biasa yang harus kita jaga. Apalagi pariwisata Indonesia sekarang meningkat pesat bahkan mampu menyaingi negara lain.

Ceweknya Cantik-Cantik

Cantiknya cewek Indonesia
Kecantikan perempuan Indonesia memang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Cantiknya orang Asia Tenggara sangat berbeda dengan kecantikan orang Barat. Karena anggapan inilah banyak bule yang ingin tinggal dan menikah dengan perempuan Indonesia.  
Dari kulit saja, bisa dilihat perbedaannya antara orang Barat dan orang Asia. Mungkin karena orang Indonesia rajin mandi tidak seperti orang Barat (maaf kalo ada yang tersinggung, hehe). Perempuan Indonesia cantik-cantik karena selalu konsen dengan kebersihan dan menggunakan bahan-bahan yang alami. Kecantikan ala Indonesia juga tidak kalah dengan kecantikan dari luar.

Flora dan Fauna Khas Yang Beragam

shutterstock.com
Banyaknya flora dan fauna khas yang dimiliki Indonesia sudah diakui sejak masa penjajahan dulu. Keragaman makhluk hidup di hutan Indonesia punya ciri khas tersendiri yang tidak ada di luar negeri. Bahkan ada seorang ilmuwan bernawa Alfred Russell Wallace meneliti hewan asli di Indonesia bagian timur.

Di daerah lain juga banyak sekali bule mengabdikan hidupnya untuk menyelamatkan hewan-hewan yang hampir punah. Keragaman flora dan fauna tersebut membuat mereka terpesona sehingga benar-benar ingin menjaganya. Sebagai masyarakat Indonesia harusnya kita malu jika tidak melakukan hal yang serupa dengan mereka.     

Bahasa Indonesia Itu Menarik


rd.com

Salah satu yang menjadi daya tarik negara kita yaitu bahasa Indonesia. Karena bahasa merupakan cara mereka mengenal budaya kita. Di negara lain seperti Jepang, Australia hingga Amerika sudah menerapkan pelajaran bahasa Indonesia. Mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi mereka sangat antusias belajar.

Banyak bule-bule yang bekerja di Indonesia hanya dalam beberapa bulan saja sudah mahir seperti orang Indonesia asli. Walaupun banyak dari mereka yang awalnya kesulitan dan terdengar lucu mengucapkan kata-kata dalam bahasa Indonesia. Hal ini menjadi sebuah kebanggaan yang tentu bisa membuat kita makin cinta dengan Indonesia.    


Bagaimana, menarik bukan, 10 alasan yang bikin bule betah di Indonesia kali ini. Semoga bisa sedikit menghibur dan membuat Anda makin bangga jadi orang Indonesia. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © . Borneo '92 - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger