Wednesday 21 February 2018

6 Cara Mudah Obati Sakit Maag



Sakit maag menjadi salah satu penyakit yang sering menimpa siapa saja, bahkan jika dibiarkan bisa timbul penyakit kronis yang membutuhkan penanganan medis serius.
Penyakit satu ini umum dan paling banyak terjadi di Indonesia, sekitar 7000 kasus yang selalu bertambah setiap tahunnya.

Penyakit maag atau dispepsia adalah rasa nyeri yang muncul akibat peradangan / luka yang terjadi pada dinding lambung dan usus kecil. Untuk beberapa kondisi tertentu kerongkongan bisa terinfeksi sehingga sulit menelan makanan. Maag punya beberapa tingkatan dari yang ringan sampai yang sulit diketahui sebabnya seperti dispepsia fungsional.  

Gejala-gejala penyakit maag antara lain :
·      Mual
·      Rasa panas di ulu hati dan perut bagian atas ketika atau setelah makan.
·      Muntah-muntah
·      Banyak bersendawa
·      Adanya makanan atau cairan yang naik lagi dari lambung ke kerongkongan (refluks).
·      Cepat terasa kenyang di saat makan dan setelah makan.

Ada banyak hal yang jadi penyebab maag seperti berikut :
·      Makan terlalu cepat dan berlebihan.
·      Luka di dinding lambung (tukak lambung).
·      Konsumsi kafein, soda atau alkohol yang berlebihan.
·      Rasa cemas, stres dan frustrasi.
·      Obesitas.
·      Kebiasaan merokok.
·      Konstipasi (susah BAB).
·      Efek samping obat-obatan tertentu.
·      Infeksi bakteri dan virus.

Pemeriksaan medis lebih lanjut sangat diperlukan jika ada infeksi virus, berat badan turun secara drastis, sering muntah, komplikasi suatu penyakit dan bagi orang di atas usia 55 tahun. Untuk membantu Anda mencegah atau mengobati sakit maag, berikut ini adalah beberapa tips mudah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

1.  Air Hangat Setiap Bangun Tidur
 
   Agar lambung kita tidak terkejut, dianjurkan minum air putih hangat setiap pagi hari. Minumlah sekurang-kurangnya 1 – 2 gelas setiap sebelum sarapan pagi. Air putih berfungsi untuk memadamkan gas di lambung dan mengeluarkannya lewat sendawa.

Dengan berkurangnya gas berlebih, berarti lambung tidak terasa nyeri dan sudah siap menerima makanan. Meskipun sudah minum air hangat, jenis makanan yang dikonsumsi saat sarapan juga harus dijaga. Ketika sarapan sebaiknya jangan makan pedas, berminyak atau yang menimbulkan gas seperti gorengan, bawang bombay dan cokelat.

2.  Minum Air Madu
 
astanatimes.com
    Setelah minum air putih, beri jarak waktu sekitar 5 – 10 menit untuk minum air madu. Campurkan air dan madu di dalam shaker kemudian dikocok-kocok sampai berbusa. Madu yang dipakai tidak perlu banyak-banyak, secukupnya saja jangan terlalu manis. Lakukan secara teratur setiap hari untuk merasakan manfaatnya.

    Air madu kocok memiliki fungsi seperti air alkali (air yang mengandung garam mineral) yang mampu memperkuat pertahanan dinding lambung dan meregenerasi sel-sel pencernaan. Gas-gas di dalam perut kita akan langsung normal saat bertemu air madu ini. Kita juga bisa sarapan pagi dengan tenang dan nyaman tanpa kuatir maag.

3.  Makan Buah Sebelum Makan

    Buah-buahan sangat dianjurkan bagi penderita maag karena manfaatnya yang luar biasa. Makanlah buah setengah jam setiap sebelum makan. Buah-buahan seperti pisang dan pepaya bermanfaat untuk menurunkan asam lambung yang sedang naik. Jadikan hal yang satu ini sebagai kebiasaan baik untuk kesehatan pencernaan. 

    Mengapa buah sangat dianjurkan? Karena selain memberikan air bagi tubuh, serat-serat yang ada di dalam daging buah bisa menutupi serta melapisi luka yang ada lambung maupun dinding usus.

4.  Pijat Refleksi
 
toetalheeling.ca
   Keampuhan dari pijat refleksi memang sudah tidak diragukan lagi oleh semua orang termasuk saya. Tujuan pijat refleksi adalah memicu organ tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri lewat titik-titik refleksi. Sangat cocok untuk mereka yang menderita sakit maag.

    Saya sudah membuktikannya sendiri dengan rajin pijat refleksi setiap satu kali seminggu. Alhasil penyakit maag berat yang pernah saya rasakan perlahan-lahan mulai sembuh. Kini saya pun tidak lagi diberi resep obat maag oleh dokter. Saya yakin jika pijat dilakukan secara teratur, Insya Allah sakit maag akut sekalipun bisa sembuh.



5.  Makan Bubur Tepung Kanji
 
idntimes.com
    Bubur selalu menjadi pilihan sarapan pagi oleh banyak orang karena praktis dan cepat. Apalagi untuk mereka yang mengalami sakit maag, bubur adalah makanan yang aman dikonsumsi. Bubur juga sudah terbukti sebagai obat demam paling mujarab.

   Tekstur bubur yang lembut membuat lambung tidak terasa perih saat sarapan. Untuk membuat bubur khusus bagi penderita maag bisa memakai tepung kanji. Cukup masukkan beberapa sendok tepung kanji yang dicampur air hangat, aduk-aduk sampai menjadi kental mirip papeda. Dengan bentuk seperti lem ini, menjadi semacam penambal luka-luka dinding lambung dan usus. Konsumsi bubur kanji ini secara rutin agar penyakit maag Anda perlahan-lahan sembuh.

6.  Makan dan Tidur Teratur
  
Lynda.com
    Cara terakhir yang paling ampuh dan wajib diterapkan agar tidak kena sakit maag adalah menjaga waktu makan dan tidur kita. Makan dan tidur yang tak teratur menjadi faktor penyebab utama timbulnya gangguan pada lambung. 

    Jagalah waktu sarapan pagi selalu pada jam yang sama setiap harinya, misalnya sarapan jam 7, seterusnya juga jam 7. Begitu pula dengan tidur di malam hari, begadang bisa menyebabkan kita makan banyak di tengah malam. Kebiasaan seperti ini dapat mengganggu jadwal lambung yang seharusnya istirahat tapi kita isi makanan, ini berbahaya untuk lambung. Biasakanlah untuk hidup secara teratur, termasuk makan dan tidur kita.

Bagaimana, mudah bukan tips-tips yang saya berikan kali ini. Semoga bisa membantu Anda terbebas dari sakit maag yang mengganggu. Jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, saya yakin Anda bisa sembuh. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © . Borneo '92 - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger