Monday 19 August 2019

Pengertian dan Contoh Kalimat Countable/Uncountable Noun





Seperti yang sudah Anda tahu, noun menjadi hal paling penting  untuk membentuk sebuah kalimat. Jika tidak ada noun, maka suatu kalimat akan terasa kurang lengkap dan janggal.
Misalnya, ada seseorang yang memegang sesuatu tapi objek yang dipegang itu tidak disebutkan. Itulah kenapa suatu kalimat sangat bergantung dengan adanya ‘noun’.


Pada artikel yang lain saya sudah memberikan sedikit penjelasan tentang 6 jenis noun. Di antaranya seperti collective noun, abstract noun, common noun dan seterusnya. Bentuk countable dan uncountable nouns ini adalah kata benda yang berdasarkan pada jumlah bendanya.    

Agar bisa paham lebih dalam lagi, di bawah ini akan kita bahas masing-masing apa itu countable dan uncountable noun.

Countable Noun

Kata kerja ‘countable’ adalah bentuk kata benda / noun yang umum dan paling banyak digunakan. Countable berarti kata benda yang bisa dihitung. Jenis noun ini bisa dimodifikasi sesuai dengan jumlah bendanya. Countable bisa dipakai dalam bentuk singular (tunggal) dan plural (jamak).

Countable cukup mudah untuk dipahami karena hanya mengikuti berapa jumlah benda yang ada. Untuk benda yang spesifik, kita pakai artikel ‘a’ dan ‘an’ dalam kalimat. Kalau tidak, cukup memakai kata ‘some, several, every, few’ untuk menyebut benda-benda tersebut.

Tambahan lagi, countable juga memakai common noun (benda umum) dan untuk benda jamak maka cukup ditambahkan s / es di belakang kata benda itu seperti apples, cars, potatoes, tomatoes, dan lain-lain.

Berikut ini adalah contoh kalimat yang menggunakan countable noun.

1.  Please wait for me just an hour.
2.  I’d like to eat two bananas after breakfast.    
3.  There’s only one bed in my room.
4.  There are several documents in the suitcase
5.  Every child must be loved by their parents
6.  Can you lend me some money?
7.  I’ve just bought a few instant noodle for dinner.
8.  I have some potatoes and tomatoes in my garden.
9.  How many clothes did you have?

Uncountable Noun

Bentuk noun satu ini berbeda dengan noun yang kita bahas di atas tadi. Karena uncountable noun adalah jenis dari kata benda yang tak bisa dihitung. Disebut juga dengan mass noun atau kata benda massal karena jumlahnya yang banyak. Yang termasuk benda uncountable adalah cairan, udara, beras, tepung, dll.
Untuk membuat kalimat uncountable tidak bisa memakai kata ‘a’ dan ‘an’ tapi masih bisa memakai sedikit countable seperti some, two, three. Ada syarat tertentu jika kita ingin memakai kata ‘a’, harus ditambah kata seperti a cup of coffee, a piece of cake, a moment of happiness, a bucket of flower dan lain-lain.  

Uncountable noun tidak bisa disebutkan dengan jumlah angka yang pasti. Hanya bisa diwakili dengan kata-kata yang berfungsi sebagai penegas jumlah untuk benda tersebut. Masih bisa ditambahkan dengan angka tapi disertai dengan satuan jumlah seperti kilogram, ons, liter, cup dan lain-lain.

Supaya lebih paham lagi dengan uncountable ini, berikut ini ada beberapa contoh kalimat yang bisa Anda pelajari :

1.  I just need a little spoon of sugar in my coffee, please.
2.  We must drink eight glasses of water (two litres) everyday.           
3.  I’ve drink much of coffee last morning.
4.  I just need a bit of luck to win the game.        
5. I need to buy a packet of flour in the supermarket.
6.  It’s good if you have eaten a cup of cereals for breakfast.
7.  I have some flour, some sugar, some maple syrup and water for pancakes.
8.  It’s such of beautiful skies today.

Sumber gambar : wellthy.care
 
Copyright © . Borneo '92 - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger