Saturday 23 November 2019

5 Tanaman Rimpang yang Berkhasiat Luar Biasa


Kita pasti sudah tahu kalau tanaman rempah itu memiliki bermacam ragam bentuk dan jenisnya. Mulai dari rempah yang berjenis dedaunan, rempah batangan, biji-bijian dan lain sebagainya. Salah satunya adalah tanaman rempah yang berbentuk rimpang atau jahe-jahean. Mau tahu apa itu rimpang? Berikut penjelasannya.


Tanaman rimpang atau Rhizoma ini adalah tanaman rempah yang tumbuh menjalar di bawah permukaan tanah. Tanaman ini menyimpan sejumlah besar unsur hara di dalam akarnya. Akar ini terus membesar hingga memiliki ruas yang dapat bertunas lagi. Jika akar tersebut cukup besar dan tua maka sudah bisa dipanen. Selain akarnya besar, biasanya tanaman rimpang juga memiliki daun yang lebar dan panjang.

Itulah ciri-ciri dari tanaman rimpang atau jahe-jahean. Tanaman seperti jahe, kunyit, temulawak, kencur dan lengkuas adalah rimpang. Kelima rempah tentu saja sudah tidak asing lagi buat kita. Ternyata tanaman itu juga punya manfaat yang luar biasa lho. Apa sajakah manfaatnya, berikut ini informasinya.

1.  Jahe

    Jahe dikenal sebagai rempah yang paling banyak dipakai dalam bahan makanan dan minuman. Sebagai tanaman asli Asia Tenggara, jahe sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Secara tradisional jahe menjadi bahan utama untuk ramuan pengobatan.

   Semua pasti setuju kalau rasa pedas jahe bisa menambah cita rasa dalam makanan. Rasa pedas ini berasal dari kandungan minyak atsiri yang terdapat pada rimpang jahe. Selain enak untuk dimasak, jahe juga punya manfaat lain seperti mengatasi masalah pencernaan (lambung), menghangatkan tubuh dan mengobati sesak di dada. Bagi penderita maag, sebaiknya minum air jahe setelah makan agar tidak merusak lambung.

2.  Kunyit

superlife.com

    Si “rempah kuning” ini menjadi bahan dasar utama dalam masakan Indonesia sehingga tidak asing lagi bagi kita. Kunyit berfungsi sebagai pewarna kuning alami pada makanan seperti nasi kuning, gulai dan kari. Kandungan zat kurkumin di dalam kunyit mampu menambah selera dan cita rasa pada makanan. 

   Kunyit sudah terkenal sebagai bahan dasar untuk campuran pada jamu kunyit asam. Rempah kunyit memiliki khasiat bagi kesehatan manusia seperti mengobati hidung tersumbat dan amandel, membersihkan organ pencernaan, mengatasi radang dan menurunkan tekanan darah. Kaum hawa juga mengenal kunyit sebagai penahan rasa sakit dan nyeri akibat menstruasi (haid).

3.  Temulawak
 
idntimes.com
    Rimpang satu ini dikenal sebagai tanaman obat karena sering digunakan dalam ramuan jamu temulawak. Temu lawak adalah tumbuhan asli Indonesia dan banyak tumbuh di daerah Jawa. Temu lawak memiliki bentuk yang hampir sama persis dengan kunyit hingga cukup sulit dibedakan.

    Temulawak dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati sakit kuning, perut kembung, dan diare. Temulawak juga dibuat jamu yang bisa mengobati pegal-pegal dan mampu untuk menambah nafsu makan seseorang.

4.  Kencur
 
hellosehat.com
    Selain temu lawak, kencur juga adalah tanaman obat yang dipakai untuk membuat jamu beras kencur. Kencur memiliki rasa pedas yang khas sama seperti tanaman jahe. Kencur biasa dipakai sebagai bumbu pelengkap dalam masakan Jawa dan Bali.

Selain untuk bahan dasar masakan, kencur juga umum dipakai untuk pengobatan tradisional.  Kencur punya khasiat hebat dalam mengobati masuk angin, menambah daya tahan tubuh dan untuk sakit gigi. Tidak hanya itu saja ternyata kencur juga dipakai untuk kecantikan yaitu untuk mencegah dan mengobati jerawat. Caranya dengan memakai kencur sebagai masker kecantikan dengan kadar yang tepat.

5.  Lengkuas
zonefresh.com.au

 
    Hampir semua masyarakat Indonesia sudah tahu dengan tanaman lengkuas atau laos ini. Lengkuas memiliki tekstur yang lebih keras dari jahe dan berwarna kuning agak merah muda. Tidak hanya bagian akarnya, daun lengkuas juga dipakai untuk bahan resep masakan.  

   Selain digunakan untuk mengolah masakan khas Indonesia, ternyata lengkuas punya khasiat yang lain lho. Lengkuas dipercaya oleh sebagian besar orang dalam mengobati penyakit kulit, sakit kepala, rasa nyeri di dada bahkan tumor dan kanker. Tidak hanya itu, lengkuas juga berkhasiat dalam membantu kesuburan reproduksi pria (maaf, sperma) sehingga kualitasnya terjamin. (berbagai sumber).
 
Copyright © . Borneo '92 - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger