Saturday 9 April 2016

Manfaat Air Putih bagi Kesehatan






Dewasa ini, sudah mulai banyak orang yang menyadari akan kebutuhan mineral bagi tubuhnya terutama lewat konsumsi air putih. Dengan meningkatnya aktifitas fisik seperti berolahraga tentu menguras energi dan mengeluarkan banyak cairan tubuh melalui keringat.
Namun, sangat disayangkan karena masih banyak juga orang-orang yang masih belum sadar akan kebutuhan tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut perlu ditekankan kembali akan pentingnya mengkonsumsi air putih bagi kesehatan. Dengan konsumsi air putih secara rutin, tentu banyak sekali manfaat yang akan didapatkan oleh tubuh kita. Tentunya, tubuh kita terasa segar dan bugar serta kesehatan kita akan tetap terjaga sehingga tidak mengganggu aktifitas sehari-hari kita.
Yang menjadi penyebab kurangnya kesadaran pada pentingnya konsumsi air putih adalah kecenderungan seseorang untuk selalu memuaskan keinginan tubuhnya akan minuman yang mengandung gula. Memang keinginan konsumsi minuman yang mengandung gula itu sulit untuk ditahan terlebih lagi dengan maraknya iklan-iklan minuman dengan visualisasi yang begitu menggugah selera. 

Jika tidak dimbangi dengan konsumsi air putih secara rutin maka zat gula yang berlebih pada tubuh akan menyebabkan penyakit seperti kegemukan (obesitas) dan yang lebih parah lagi akan menyebabkan penyakit diabetes. 

Penyakit diabetes  disebabkan oleh berkurangya produksi insulin, yaitu zat yang dihasilkan oleh pankreas untuk mengolah zat gula darah (glukosa) sehingga dapat menjadi energi. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan pasokan air putih secara rutin karena air putih mengandung banyak mineral penting dan mineral itu tidak dapat diproduksi oleh tubuh.
   Selain dapat mengobati dan mencegah penyakit diabetes, mineral-mineral yang terkandung di dalam air putih juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah pentingnya bagi kesehatan. Dr. Spesialis Gizi, Sri Sukmaniah mengatakan bahwa air putih mengandung enam mineral alamiah yang membuat air putih wajib dijadikan asupan bagi tubuh.

 Keenam mineral dan manfaatnya bagi tubuh kita, antara lain:
1.  Flourida (flouride), untuk menjaga gigi dari karies atau pembusukan dan menjaga ketahanan tulang dan gigi. Karies tersebut timbul karena sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi dan cara membersihkannya dengan sering berkumur dengan air putih.
2.  Natrium membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dan tidak mengherankan mineral jenis ini dapat ditemukan dalam infus yang berfungsi untuk menghidrasi tubuh
3.  Kalsium (calcium), tidak diragukan lagi berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang, mencegah osteoporosis dan mengatasi kulit yang pecah-pecah.
4.  Magnesium, untuk menjaga otot dan saraf berfungsi normal serta mencegah penyakit jantung karena melancarkan aliran darah. Magnesium juga membantu mengatur kadar gula darah sehingga dapat meningkatkan tekanan darah yang normal dan mendukung metabolisme energi dan protein sintetis.
5.  Silika, membantu keutuhan dan kelembaban kulit sehingga tanpa disadari dapat menjaga keutuhan kulit.
6.  Zinc (zat besi), berperan sebagai ko-enzim yang membantu 300 enzim di dalam tubuh dan zat ini penting untuk menjaga daya tahan tubuh (imunitas) dan fungsi saraf otak. 
Di samping beberapa manfaat yang disebutkan di atas, tentu saja air putih memiliki banyak manfaat yang lain tidak hanya dari keenam mineral tersebut. Oleh karena itu, dengan kandungan mineral yang baik bagi tubuh sudah seharusnya air putih dikonsumsi secara rutin dan cukup untuk menjaga tubuh dari berbagai penyakit yang mungkin menyerang. 
Akan tetapi, dengan konsumsi air putih saja tidak cukup karena jika ingin hidup sehat tentunya kita harus makan makanan yang sehat dan bergizi, istirahat yang cukup serta aktifitas berolahraga secara teratur. Hidup sehat itu harus didasari dengan tekad yang kuat dari diri kita sendiri dan membutuhkan usaha yang tidak gampang untuk mewujudkan semua itu.

Sumber Foto:2.bp.blogspot.com/Tips+Kesehatan.jpg
   

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © . Borneo '92 - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger