Saturday 27 May 2017

5 Alasan Kenapa Harus Makan Buah Kiwi






Buah kiwi sangat digemari oleh hampir semua kalangan, sering digunakan sebagai bahan pelengkap salad buah, minuman sehat atau dimakan langsung. Meskipun di Indonesia negara tropis, banyak yang menyukai rasa asam manis dari buah impor ini.


Kiwi adalah sejenis beri yang termasuk golongan Actinidia (tumbuhan merambat) dan berasal dari Shaanxi, Tiongkok. Dibawa ke New Zealand pada awal tahun 1900-an dari Cina, menjadi tanaman komersil pertama ketika itu. Masa Perang Dunia II, buah ini sangat digemari oleh prajurit Amerika yang bertugas di New Zealand ketika itu, kemudian diekspor ke California dan diberi nama “Gosberi Cina” dan “melonette”.

Nama buah kiwi muncul pada tahun 1962 oleh petani New Zealand yang menyebutnya “kiwifruit”. Setelah itu nama “Gosberi Cina” sudah tidak digunakan lagi oleh negara tujuan ekspor. Di awal 1970-an negara Italia mengimpor dan membudidayakan buah ini.    

Zat actinidia di dalam buah kiwi memiliki efek yang menimbulkan alergi bagi sebagian orang, contohnya anak-anak. Secara umum efek yang sering dirasakan adalah gatal-gatal dan rasa tidak enak di mulut, disertai dengan mendesis seperti sariawan, anafilaksis (alergi berat) dapat terjadi. Sangat tidak dianjurkan makan buah kiwi untuk penderita alergi dan bila mengalami alergi akibat kiwi periksalah ke dokter agar tidak menjadi lebih parah lagi.

Walaupun buah kiwi dapat menimbulkan alergi untuk sebagian orang, di samping itu manfaat yang dimiliki juga sangat besar dan banyak sekali, terutama sebagai pelindung tubuh dari paparan radikal bebas serta anti kanker.

Berikut ini 5 alasan kenapa Anda harus makan buah kiwi serta apa saja zat-zat berguna yang dikandungnya. Mari kita simak!

1.  Sangat Baik Untuk Jantung

     Kiwi memang sangat baik untuk kesehatan organ jantung karena tingginya kandungan vitamin K di dalamnya. Fungsi dari vitamin K sendiri membantu metabolisme yang terkait dengan resistensi (ketahanan) senyawa insulin. Salah satu manfaat lainnya yaitu menurunkan resiko terjadinya penggumpalan darah.

    Sebenarnya vitamin K diproduksi secara alami oleh tubuh melalui bakteri di dalam saluran pencernaan. Tapi, akan lebih baik jika ditambah lagi dengan makanan sumber vitamin K selain kiwi seperti brokoli, bayam, daun katuk, kol, selada dan sayuran hijau lainnya.

2.  Mempertahankan Imunitas Tubuh
    
   
    Bagi sistem imunitas tubuh, buah kiwi menjadi semacam perisai yang melindungi sel-sel tersebut. Kandungan buah kiwi tidak hanya vitamin C saja, namun ada indikasi ditemukannya zat fitokimia di dalam kiwi benar-benar mampu melindungi sel imunitas dari gangguan luar, khususnya DNA, dari berbagai serangan yang datang dari radikal bebas.

    Studi ilmiah membuktikan bahwa seseorang yang memakan buah kiwi dan buah-buahan bervitamin C lain, memiliki tingkat kekebalan tubuh lebih kuat tapi tidak secara khusus meningkatkan jumlah nutrisi dalam tubuh mereka.

3.  Mencegah Kanker Usus
    
igennus.com

     Buah eksotis yang satu ini telah diakui sebagai bahan makanan yang mengandung serat. Hanya dengan 75 gram kiwi, sudah mencukupi kebutuhan tubuh sekitar 8 persen asupan harian dalam diet yang mengandung serat.

     Dengan meningkatnya serat, tidak hanya tingkat kolesterol saja yang bisa turun, tapi juga terjadinya kanker kolon (usus) dapat menurun. Usus kita memang sudah seharusnya menjadi perhatian serius jika ingin hidup tanpa mengidap gangguan usus yang parah.

4.  Membuat Mata Lebih Sehat

     Sekarang ini banyak orang yang mengidap ARMD, atau penyakit yang berhubungan dengan degeneratif makula pada retina, terutama bagi mereka yang sudah berusia cukup tua ataupun paruh baya.

     Dari hasil riset yang dikeluarkan Archives of Opthalmology, menunjukkan seseorang yang makan buah kiwi tiga kali sehari secara teratur akan menghilangkan gejala penyakit ARMD.

     Ketika buah-buahan seperti kiwi dikonsumsi, tubuh akan menerima banyak asupan nutrisi seperti vitamin A, C dan E, terutama karotenoid yang sangat berguna menjaga kesehatan mata kita.

5.  Mengatasi Gangguan Pernapasan
    
georgeinstitute.org.au

    Vitamin C yang terkandung di dalam buah kiwi sudah terbukti khasiatnya bagi banyak orang. Karena vitamin C dapat menjaga organ pernapasan agar dapat bekerja secara optimal.

     Dalam sebuah studi yang di publikasi oleh majalah Thorax, yang memperlihatkan bahwa anak-anak yang mengkonsumsi 5 hingga 7 kali jeruk sitrus dan kiwi selama satu minggu mengalami penurunan resiko sesak napas dibandingkan yang mengkonsumsi kiwi dalam jumlah sedikit.

    Jangan pernah ragu untuk konsumsi buah-buahan secara teratur seperti buah kiwi ini, karena banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita. Tidak perlu khawatir bila ingin mengganti makan malam Anda dengan salad buah misalnya, guna menghindari resiko terjadinya penumpukan lemak di dalam tubuh.

    Sekian dari saya tentang alasan mengapa buah kiwi harus dikonsumsi oleh kita. Semoga dapat menjadi referensi kesehatan bagi Anda semuanya. Terima kasih.

Referensi :
https://en.wikipedia.org/wiki/Kiwifruit
servingjoy.com 
 

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © . Borneo '92 - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger