Sunday 16 April 2017

Cara Ampuh Untuk Mengatasi Penyakit Stres




 

Mengatasi Penyakit Stres sangat diperlukan agar pikiran dan kewarasan kita dapat terjaga dengan baik. Stres memang selalu menghampiri orang-orang yang tinggal di kawasan perkotaan yang sibuk. Mengapa saya sebut penyakit? Karena stres dapat menggerogoti jiwa seseorang seperti wabah penyakit. Tentu hal yang seperti ini sedapat mungkin harus kita hindari.



Banyak sekali faktor yang menyebabkan seseorang dapat terganggu pikirannya oleh stres. Ada tiga faktor utama yang menjadi pemicu munculnya stres, antara lain :
1.    Faktor Pribadi
     Sifat-sifat dasar seseorang yang tidak mampu berpikir jernih menghadapi masalah pribadi dan keluarganya adalah pemicu nomor satu dari stres. Dari masalah finansial, tidak akur dengan anggota keluarga serta kesulitan dalam mendisiplinkan anak sangat mudah membuat seseorang mengidap stres. Bahkan, dapat dipastikan stres bukan tekanan yang datang dari luar tapi dari dalam jiwa seseorang itu sendiri.

2.    Faktor Lingkungan
      Tinggal di lingkungan yang ribut atau tidak sehat tentu sangat tidak menyenangkan bagi seseorang karena tidak bisa menikmati hidup. Lingkungan yang asing dan tidak menentu juga dapat memberi tekanan tersendiri untuk menjalani kehidupan secara layak. Jika dibiarkan, bukan hal yang mustahil bagi seseorang mengalami gangguan kejiwaan.

3.    Faktor Organisasi
       Bagi seorang pekerja atau karyawan yang dituntut memiliki disiplin tinggi, hampir tidak ada waktu untuk bersantai sejenak. Belum lagi tenggat waktu pengumpulan tugas dari atasan yang sangat mepet sekali atau teman sekantor yang menyebalkan. Dengan keadaan tempat kerja seperti ini, benar-benar sebuah tekanan besar bagi pikiran dan jiwa.    

Jika Anda pernah atau sedang mengalami stres dari ketiga faktor di atas, tidak perlu takut karena masih dapat dicegah dan diobati. Sesuai dengan judul artikel kali ini, saya ingin menunjukkan cara ampuh yang dapat membantu Anda keluar dari situasi yang penuh tekanan tersebut. Silakan Anda simak yang di bawah ini !

1.  Rehat Sejenak dari Aktivitas Padat

    Di tengah jadwal pekerjaan yang ketat, jangan lupa untuk mengatur waktu santai agar otak tidak lelah. Sempatkan untuk keluar atau pulang sebentar ke rumah untuk melepas penat Anda. Apabila memang tidak sempat usahakan minimal satu minggu sekali bersantai dan beraktivitas bersama keluarga.

   Selain untuk menghilangkan stres, aktivitas yang dilakukan bersama juga dapat memperkuat hubungan di dalam keluarga itu sendiri. Jadi, jangan memaksa diri Anda untuk bekerja terlalu keras, apalagi sampai tidak peduli dengan keluarga sendiri.

2.  Bermain Game

     Kegiatan yang satu ini sering dianggap hanya membuang-buang waktu saja dan tidak ada manfaatnya. Inilah yang membuat orangtua tidak betah ketika melihat anaknya berlama-lama bermain game. Namun, jika dilihat lebih jauh, ternyata bermain game dapat mengurangi beban setelah bekerja dan menyegarkan pikiran yang sumpek.

    Ada banyak sekali game yang juga dapat meningkatkan kecerdasan otak serta mencegah timbulnya stres. Untuk Anda yang memang sudah kecanduan bermain game, bukan berarti boleh bermain terus-terusan, lakukan juga aktivitas lain yang berguna. Main game boleh-boleh saja asal jangan berlebihan sampai tidak ingat dengan kesehatan diri sendiri.

3.  Tingkatkan Optimisme

    Optimisme sangat dibutuhkan untuk menjalani kehidupan yang penuh dengan tantangan seperti ini. Sikap optimis di dalam jiwa seseorang harus ditingkatkan secara terus-menerus. Namun, bagaimana caranya?

    Bila menemui suatu masalah yang berat, tetaplah berpikiran positif dan jangan cepat putus asa. Yakinkan diri sendiri bahwa setelah kesulitan itu pasti ada kemudahan. Tergantung kepada kita sendiri mau bersusah payah atau hanya pasrah dan menyerah begitu saja. Intinya optimisme itu berhubungan dengan sikap mental kita sendiri untuk selalu berpikiran positif, apapun yang terjadi.

4.  Rajin Berdoa

    Bagi orang yang beragama, terutama muslim tidak ada alasan baginya untuk menjadi stres. Banyak sekali tuntunan yang sudah diajarkan guna melawan tekanan negatif dari luar. Tinggal individu masing-masing saja yang mau atau tidak mau melakukannya.

    Untuk Anda yang berkeyakinan lain, dapat juga beribadah atau berdoa dengan tata cara masing-masing. Intinya berdoa itu seperti kita berbicara langsung kepada Tuhan dan pastinya hati dan pikiran akan menjadi lebih tenang.  Mohon maaf jika ada yang tersinggung, hanya sekedar mengingatkan saja.

5.  Menonton Acara Komedi
    
   Siapa yang tidak suka acara komedi atau lawak, semua umur, baik tua maupun muda perlu yang namanya tertawa. Jangan ragu dan malu, tertawalah agar stres Anda bisa hilang. Karena tertawa memiliki manfaat mengaktifkan otak untuk memproduksi endorfin yaitu senyawa kimia yang menimbulkan perasaan bahagia.

   Berkat endorfin inilah kekebalan tubuh seseorang dalam menghadapi penyakit akan meningkat, sehingga kesehatan diri Anda terjaga. Jadi, tertawa itu tidak hanya membuat senang tapi juga tubuh akan lebih sehat dari sebelumnya.  




6.  Liburan Bersama Keluarga

    Bagi Anda yang berperan sebagai kepala keluarga sekaligus ayah, jangan terlalu sibuk dengan pekerjaan di kantor. Sesekali rencanakanlah liburan dengan anggota keluarga ke tempat manapun yang Anda rasa menyenangkan.

   Anak-anak juga ingin merasakan berkumpul bersama kedua orang tuanya, sehingga hubungan orangtua – anak akan semakin rapat. Di dalam keluarga tidak hanya materi saja yang perlu, tapi hubungan psikologis antar keluarga juga harus dibina. Karena bila kita merasa tertekan atau stres keluargalah satu-satunya yang dapat diharapkan sebagai obat penenang paling ampuh.

7.  Banyak Bersyukur

   Sebagai manusia yang fana kita tidak luput dari ujian hidup yang datang bertubi-tubi. Untuk menghadapinya agar tidak mudah terpuruk, jangan mengeluh, banyak-banyaklah bersyukur atas segala apa yang sudah Anda miliki sekarang ini. Karena Tuhan menciptakan segala sesuatu di dunia ini pasti ada tujuannya masing-masing.

   Hal yang sering membuat kita stres adalah karena ada rasa iri dan dengki akan keberhasilan orang lain. Pikiran yang seperti inilah yang dapat menggerogoti hingga ke dalam jiwa. Buang jauh-jauh segala pikiran yang negatif dengan bersyukur dan bersyukur pada kehidupan sudah dianugerahkan Tuhan kepada kita.

Cara-cara yang ada di atas sangat mudah untuk dilakukan, tergantung dengan apa yang Anda yakini berhasil. Saya juga tidak memaksa bila ada cara di atas yang tidak bisa Anda lakukan. Ini hanya sekedar bacaan dan masukan saja.

Sampai di sini artikel saya mengenai stres, semoga dapat menghibur dan memberikan pengetahuan baru untuk Anda (dari berbagai sumber). Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © . Borneo '92 - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger