Monday 19 March 2018

5 Cara Membuat Puisi Jadi Lebih Menarik





Puisi adalah suatu bentuk sastra tulis yang menggunakan estetika dan dibawakan secara lisan dengan ritme/irama untuk memberikan kesan tentang perasaan tertentu kepada para pendengarnya. Perasaan itu bisa sedih, kecewa, prihatin, marah bahkan ekspresi paling sederhana sekalipun.
Setiap bait dalam sebuah puisi adalah karya seni yang tinggi serta memiliki nyawanya sendiri. Karena nilai seninya itulah puisi tidak bisa kita anggap remeh.

Kehadiran puisi sudah ada sejak berabad-abad yang lalu, mewakili setiap masa yang pernah dilaluinya. Di masa silam, derajat puisi sangat dijunjung tinggi dan menjadi bukti sejarah penting akan peradaban kuno. Kini, puisi menjadi suatu wadah yang paling sering digunakan seseorang untuk mencurahkan isi hatinya yaitu rasa cinta. Orang yang sudah lama berkecimpung di dunia sastra, bisa mengembangkan makna puisi lebih luas lagi daripada itu.

Puisi itu dapat diibaratkan seperti lukisan dalam bentuk teks karena mengandung kata-kata yang bersifat kiasan. Seorang pembuat puisi harus dapat berimajinasi untuk merangkai kata-kata agar tersusun dengan indah. Bila kita jadikan sebagai hobi puisi bisa sangat menyenangkan. Untuk Anda yang suka menulis puisi, berikut ini ada beberapa cara agar puisi jadi lebih menarik. Check it out!

1.    Kuasai Idiom, Majas, Sinonim & Antonim

      Poin yang pertama ini sangat penting kedudukannya dalam sebuah puisi. Seringkali kita jumpai ada beberapa jenis puisi yang kata-katanya rumit dan sulit di pahami. Itu menunjukkan kalau sang penulis memiliki segudang pemahaman tentang ilmu bahasa.

     Buat teman-teman yang masih pemula, pelajarilah lebih dalam apa itu idiom, majas, sinonim dan antonim. Majas dapat digunakan untuk menghidupkan kata-kata dalam puisi. Sinonim dan antonim sangat menarik untuk dipelajari serta ada banyak sekali jumlahnya. Idiom adalah ungkapan kiasan yang tak bisa diterjemahkan secara harfiah. Bisa menulis puisi saja tak cukup, harus didukung dengan wawasan yang luas tentang bahasa. Kalau bisa jadi nilai tambah, why not.

2.    Selami Emosi & Perasaan Kita

      Untuk menghasilkan sebuah puisi yang mampu menyentuh hati pembacanya diperlukan emosi dan perasaan yang kuat. Rasakan setiap emosi dari kejadian atau masalah yang kita hadapi. Resapi dengan perasaan yang kuat dan biarkan semua mengalir bagaikan air.

      Pembaca akan lebih mudah memahami puisi berdasarkan pengalaman yang pernah ia alami. Dengan pendekatan seperti ini puisi mampu menghidupkan emosi dan membangkitkan kenangan pribadi seseorang. Seorang pembaca akan mudah tersentuh dan terbawa oleh puisi yang dibuat dengan penuh perasaan.

 3.    Sering Membaca Karya Sastra

      Tidak ada seorang pun yang bisa menulis dengan lancar kalau tidak dibantu dengan membaca. Rajin membaca akan menambah wawasan kita agar mampu menghasilkan puisi yang tak kalah indahnya dengan sastrawan hebat lainnya. Beruntung bagi Anda yang suka membaca dan mengoleksi bermacam-macam jenis buku di rumah.

      Ada banyak referensi buku sastra yang bisa Anda masukkan dalam daftar, bisa dari toko buku atau lewat online. Anda bisa membaca buku kumpulan puisi Chairil Anwar, WS. Rendra, novel sastra atau buku apapun yang penting ada sastranya. Dengan sering membaca buku-buku seperti itu, akan menambah khasanah pengetahuan kita tentang seluk-beluk sastra. Keahlian kita akan semakin ter-improve ketika membuat puisi.  

4.    Pandai Menganalisis Suatu Masalah

     Seorang penulis puisi yang terampil bisa dilihat dari kemampuannya dalam menganalisis dan mendeskripsikan suatu masalah. Baik dia itu sebagai subjek atau objek, semuanya dijabarkan satu per satu. Bahkan hal paling kecil sekalipun mampu ia rubah jadi paragraf panjang di dalam puisi.

Berpikirlah secara kritis mengenai fenomena yang dialami sendiri atau yang terjadi di sekitar kita. Dengan sering berpikir kritis maka akan tercipta kata-kata tajam dan mengena yang memberikan visualisasi kuat bagi si pembaca. Maksimalkan kerja otak kita agar puisi yang dibuat tidak terkesan sembarangan. Seseorang yang sembrono tentu tidak akan mampu menulis dengan baik, berbeda dengan penulis yang selalu menggunakan akal secara maksimal.

5.   Sering Menulis & Bereksperimen

      Satu hal yang membuat seseorang malas dan merasa tidak bisa menulis puisi karena takut mencoba untuk menulis. Siapapun bisa menulis puisi kalau mereka tekun dan berani menantang diri sendiri. Yang jadi dasar dalam membuat puisi adalah kecintaan seseorang akan menulis.

     Kapanpun dan dimanapun kita ingin menulis puisi, biarkan saja ide yang muncul mengalir lewat tinta di atas kertas. Tulis saja apapun yang ada di benak kita, tak perlu takut jelek atau tak sebagus penulis profesional. Dengan sering mencoba-coba, kita akan temukan sendiri gaya menulis dan berpuisi kita. Hasilnya lama-lama kita akan mahir membuat puisi yang indah serta menarik hati pembaca.

Bagaimana, mudah bukan cara-cara agar puisi jadi lebih menarik yang saya sampaikan di atas. Semoga bisa membantu teman-teman atau siapapun Anda untuk menjadi seorang penulis puisi yang handal. Terima kasih.         

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © . Borneo '92 - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger